Takkan berhenti untuk bermimpi..

naskah

Roleplay  Asuhan Keperawatan Lansia dengan Gangguan Hygiene dan Integritas Kulit

‘Sakitnya Dekubitus’

 

Pemeran :

M.Malik                     sebagai             Tn. Simon (Anak Mbah Hutama)

Nisha P                      sebagai             Perawat 3

Noerma S R              sebagai             Perawat 2

Novia.P                      sebagai             Anak Tn. Simon, Narator.

Nur ‘Aini Farida        sebagai             Lansia 1

Nur Azizah                  sebagai             Ny.Simon

Nur Iva                        sebagai             Lansia 2

Nur Pramitasari       sebagai             Mbah Hutama (Pemeran utama)

Nurhadiatunnisyah  sebagai             Marimar (Pengasuh wisma 1)

Nuri Dara S                sebagai             Perawat 1

Gabriella A                  sebagai             Rosalinda (Pengasuh wisma 2)

Nurista Latief W         sebagai             Lansia 3

 

KASUS PEMICU 6

Mbah R (80th) tinggal di wisma suryakencana. Klien mengalami parsial paralise akibat stroke sehingga harus bedrest. Selain itu, klien juga mengalami inkontinensia urin dan bowel. Hasil pemeriksaan fisik, perawat menemukan luka di bagian punggung dan pantat

STAGE 1

Selama 4 bulan terakhir Mbah Hutama mengalami stroke. 1 bulan terakhir ini Mbah Hutama mengalami parsial paralise(kelumpuhan sebagian, pada ekstremitas sebelah kiri) yang menjadikan beliau terbaring tak berdaya  di atas tempat tidur.

Pagi hari..di kediaman Hutama..

Mbah Hutama : nak,..nak,..

Ny Simon        : iyahw bu, sebentar saya sedang nyuapin pipid..Akkk pipit anak ibu..

Pipit                 : Ndak mau maem mah…ndak mau..(sambil memainkan boneka)

Mbah Hutama pun memanggil lagi..

Mbah Hutama : “Nduk..nduk..Tolong jikuk’e Ngombe nduk, ibu ngelak banget kie.”

Ny Sinom        : “Inggih bu… sekedap meleh, niki dereng rampung ndulangi pipit”

Mbah Hutama : “Cepetan nduk, Ibu wes ngelak banget… “

Ny Sinom        : “Injih bu, sabar riyin…Ayo pipit cantik…dimakan ya..

Pipit                 : Ndak mau..ndak mau…(sambil berlari keluar rumah)

Mbah Hutama mencoba meraih gelas yang berada di meja, di samping tempat tidurny. Dan

tiba – tiba terdengar suara. Pyaaaarrrrr……

Ny Sinom        : (tergopoh – gopoh mendekati asal sumber) “Astagfirullah Ibu, Ibu itu kan saya sudah bilang tunggu sebentar, kok gag sabar banget sih. Akhirnya saya juga yang repot nih..

Mbah Hutama : “ Maaf nak, Ibu selalu menyusahkan kamu, Ibu memang gag berguna”

Ny Simon        : “ Udah – udah, minta maaf juga udah percuma bu.”

Ny. Simon membersihkan pecahan gelas dan meninggalkan Mbah Hutama sendirian.

Malam harinya saat Tn. Sinom pulang kerja dan Mbah Hutama sedang tidur…

Tn Sinom         : “ Assalamualaikum… Papa pulang!”

Ny Sinom        : “Wa’alaikumsalam.. (Ny Sinom menyambut suaminya dengan cemberut)

Tn Sinom         : “Mama, kenapa sih muka di tekuk – tekuk, belum disetrika yah mukanya?. Kenapa siiii?

Ny Sinom        :  “mama cape..papa enak pulang kerja langsung istirahat, gag tau keadaan rumah. Ngurus rumah, pipit, Ngurus Ibu. Mama itu nikah ma Papa, gag nikah ma Ibu.”

Tn Sinom         : “Papa baru pulang ma… Gak bisa nanti aja apa ngomongnya..

Ny Sinom        : “Ndak bisa pa..Ibu thu udah 5 bulan kena stoke, 1 bulan terakhir bisanya cuma tiduran di tempat tidur. Semuanya mama yang urusin. Mama gag sanggup kalo gini terus.

Tn Sinom         : Okehhh,..Okeh,..Jangan sambil emosi, sekarang kita duduk dulu.

Ny Sinom        : Gini ajah pah.  Ibu kita titipkan ke Panti saja. Disana ada perawat yang selalu bisa jagain Ibu.

Tn Sinom         : Tapi mah, Papa ngrasa kalu papa anak durhaka kalo gitu..

Ny Sinom        : Papa lebih durhaka kalu biarin Ibu terlantar di rumah, dan nyiksa mama karna harus kerja rodi.

Tn Sinom         : Hmmmmmm….Y udah… mama bener,, Besuk kita bawa Ibu ke Panti,.

Setelah Tn dan Ny Sinom berdiskusi dan memberikan penjelasan kepada Mbah Hutama, akhirnya Mbah Hutama mau dititipkan ke Panti Surya Kencana.

 

STAGE 2

Pagi harinya, mbah hutama dibawa ke wisma suryakencana. Setelah 1 jam perjalanan, mereka pun sampai di tempat tujuannya.

Tn. sinom        : Assalamu’alaikum…….. (sampai 3 kali)

Marimar (pengasuh panti 1)    :Wa’alaikum salam…… silahkan duduk….

Tn. sinom        : Terima kasih bu…..

Marimar           : Ada yang bisa saya bantu pak…..???

Tn. Sinom   : Perkenalkan bu, nama saya sinom Pramono Saleh Nur Pramito. Saya ingin menitipkan ibu saya di sini. ibu sudah didiagnosa stroke 5 bulan yang lalu. Sudah 1 bulan ini beliau hanya di atas tempat tidur.

Marimar      :Sudah 5 bulan menderita stroke????

Tn. sinom    : Ya bu. Kami berharap, dengan tinggal di sini..ibu dapat lebih terurus.

Marimar      : jadi, keluarga telah memutuskan untuk tinggal disini?

Ny. Sinom   :  Ya buk. Kita sudah memutuskannya. Ya kan pa…??? (Melihat ke Tn.Simon)

Tn.Simon    : Iya mahhh..

Marimar      : Kalau begitu..ini tolong diisi dulu pak (menunjukkan form registrasi.

Setelah sekitar 30 menit melengkapi data dan segala biaya, Tn dan Ny. Simon pun pulang.

 

STAGE 3

Beberapa saat setelah itu, Mbah Hutama telah berada di kamarnya yang baru.

Rosalinda        : Mbah hutama..bagaimana kabarnya ?

Mbah hut         : Aduh….(ekspresi muka kesakitan)

Rosalinda        : sakit apanya bu? coba saya lihat (menutup pintu kamar, lalu membuka baju dan melihat punggung mbah hutama)

Pengasuh Rosalinda pun terkejut melihat apa yang dilihat. Ternyata Mbah Hutama menderita dekubitus di punggung dan sakrumnya. Pengasuh Rosalinda pun segera menutup baju mbah hutama dan segera melaporkan kejadian itu ke Pengasuh Marimar

Karena dekubitus yang diderita Mbah Hut cukup mengkhawatirkan, akhirnya..diputuskan untuk memanggil perawat untuk menangani masalah kesehatan Mbah Hut.

STAGE 4

Keesokan harinya pengasuh panti telah melaporkan tentang kesehatan Mbah Hut kepada perawat. Perawat pun langsung menuju kamar Mbah Hut untuk melakukan pengkajian.

perawat 1        :”asalamualaikum mbah,,,,pripun kabare mbah..

mbah hutama   :”apik (dengan nada agak pelo)

Perawat 1        :”begini mbah saya disini ingin ngobrol dan menjenguk simbah,,,oya mbah katanya mbah merasa sakit wonten gegeripun???”Pripun menawi kula ninggali? Pareng mboten mbah?

Mbah hutama  : (hanya bisa mengangguk) Loro ora?

Perawat 1        :”mboten mbah..kulo ninggali mawon, mung 5 menit mawon mbah. Kulo kedah ninggali rumiyin, mangke nembe saged nambani mbah..

Mbah hutama : (mengangguk lagi)

Perawat pun menutup pintu kamar Mbah Hut dan kemudian melakukan perubahan posisi miring (sims) serta mulai melakukan pengkajian integritas kulit pada mbah hutama. Perawat melakukan inspeksi secara seksama dan palpasi di area di luar luka.

Beberapa saat kemudian.

Perawat 1        : (membenarkan baju mbah Hut) sampun mbah. Mbah kados niki rumiyin nggih. Nyaman mboten mbah?

Mbah Hut       : (mengangguk)

Perawat 1        : Kulo pareng rumiyin nggih mbah..mangke 2 jam kepungkur..kulo mriki malih mbah..

Mbah Hut       : (hanya mengangguk)

Setelah dilakukan identifikasi pada mbah hutama dengan tujuan memberikan perawatan preventif dan menggunakan obat-obat topikal dekubitus didapatkan hasil pengkajian objektif meliputi:

  • Terdapat lecet kemerahan dan 3 luka terbuka kering sebesar diameter 1-2cm dengan kedalaman sampai epidermis dibagian punggung dan sakrum.
  • Warna kulit pucat di daerah sekitar  luka
  • Adanya gaya gesek yang mengakibatkan lapisan kulit yang berada dibawahnya menempel pada permukaan tempat tidur
  • Kelembaban diakibatkan oleh inkontinensia,keringat.
  • Sirkulasi udara di luka terhambat.

 

STAGE 5

Setelah ditemukan data tentang dekubitus dan inkontenensia urin perawat mencoba mengklarifikasi terhadap pihak keluarga,guna mencari data tambahan mengenai diagnosis sementara yang akan ditegakkan oleh perawat.

Beberapa saat kemudian perawat mengundang keluarga untuk hadir di wisma surya kencana.

Keluarga          :”assalamualaikum……”

Perawat 2        :”walaikum salam….mari silahkan masuk.

Tn. sinom        :”ada apa sus kami dipanggil kemari?apa ada yang salah dengan ibu kami?

Perawat 2        :”begini pak saya mengundang bapak dan ibu untuk sekedar mengobrol mengenai mbah hut.

Ny.Simon                    :Hmmm….begitu..

Perawat 2        :”sekitar 30 menit ke depan saya ingin menanyakan tentang kondisi kesehatan Mbah Hut sebelum dibawa kemari.  Mohon kerjasamanya ya pak, bu..

Tn. sinom        : Iya sus..kami akan membantu sebisa kami.

Perawat 2        : Baik…begini pak bu..stroke yang dialami mbah hutama sudah berapa lama y?

Tn. sinom        :” sudah sekitar 5 bulan sus”

Perawat 2        :” dulu sebelum stroke,kebiasaan BAK beliau bagaimana ya?”

Tn. sinom                    :”ya kalau BAK dulu ibu nggak mau ngomong kepada kita sus,,,beliau  sering ngompol di tempat tidur,dan kami sering gak tau kapan beliau BAK

Ny. sinom       :”dan kamipun agak kesal sus karena beliau itu gak mau cerita kaluau mau BAK,jadi ya tiba-tiba sudah basah tempat tidurnya”

Perawat 2        :”lalu bekas BAK yang berada di badan, dibersihkan tidak bu?

Ny. Sinom       : Ya…kadang saya lap kalo masih basah. Kadang kan sudah kering sendiri sus. Saya cuma ganti pakaian dalamnya saja.

Perawat           : kalau dulu ibu suka minum apa ya pak,buk?”

Tn. sinom        :”ohhh itu sus,ibu suka minum kopi  dan parahnya sehari saja bisa menghabiskan 4 gelas kopi”

Perawat 2        :”sudah berapa lama Ibu Hut hanya dapat beraktivitas di tempat tidur?

Ny. sinom       : 1 bulan yang lalu sus. Merepotkan sekali..semua semua saya yang urus.

Perawat 2        : Posisi tidurnya sering diubah gak bu ?

Ny. Sinom       : Ya gak lah sus..Kerjaan saya kan gak cuma ngurusi ibu.. Ngurus rumah, ngurus anak..masi banyak yang lain.

Perawat 2        : Kalo sepreinya diganti berapa hari sekali bu?

Ny. Sinom       : Kalo benar benar basah aja sus. Kan di atas kasur ada perlaknya. Kalobasah-basah dikit..gag diganti sus.

Perawat 2        : emmm begitu. Sudah selesai pak bu.

Tn. sinom        :”sebenarnya kenapa sus dengan kondisi ibu ?

Perawat 2        :”Begini pak, bu. Sebenarnya..mbah Hut memiliki luka di bagian punggung dan pantatnya. Oleh karena itu, kami bertanya kepada bapak dan ibu untuk melengkapi data yang kami perlukan agar segera dapat dilakukan tindakan untuk mengatasi kondisi Mbah Hut.

Ny. sinom       :Hmmm…begitu sus. Perawat di sini pasti bisa mengatasinya kan sus?

Perawat 2        : Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan klien bu. Jadi,bapak dan ibu tidak usah cemas.

Tn. sinom        : Baik kalo begitu. ada yang bisa kami bantu lagi sus?”

Perawat 2        :”cukup pak bu. terimakasih atas kedatangannya, sementara ini sudah cukup dulu. Apabila ada hal lain mengenai mbah hutama kami akan menghubungi kembali”

Ny. sinom       :”terima kasih sus. Kami pamit dahulu.

Keluarga pun meninggalkan ruangan dan kembali ke rumah…….

 

STAGE 6

Siang harinya.. ketika mbah Hut sedang berbaring diatas tempat tidur dengan wajah kusam sambil meringis kesakitan, tiba-tiba terdengar ketukan pintu, tok,, tok,, tok,,,,,,,

Mbah rista       : aslm…. mbah hutama. Pripun kabare?

Mbah hut         : gegerku rasane panas…..

Mbah aini         :Loh piye gegere rak panas wong mbah hutama gaweanne turuuuu… terus

Mbah iva         :Wush,,, mbah ai, kowe ki piye to mbah, wong mbah’hutama ki turu terus sebabe de’e kena stroke. Dadi ra iso kakean gerak.

Mbah aini        :Ooh ngono to, lah aq rak ngerti….. maape yo mbah’hutama

Mbah’hutama  :Gegerku loro..

Mbah iva         :Ndi mbah Hutama, aku pengen weruh gegermu..

Mbah’ hutama : iki lo (sambil meunjukkan punggungnya) deloken.

Mbah rista       : Wah,,kok lecet-lecet yo…

Mbah aini        : Lah mbah iva  desek pernah koyo kono ci……

Mbah iva         :Iyo mbah hutama, desek aku koyo kowe…. makane aku ngerti kuwi mesti loro kroso nggak kepenak, mbiyen pas loro, tiap dino yo kerjaane kayak kowe ki tiduran terus dadine lukane tambah parah. Abang-abang karo lecet-lecet plus tambah ombo.

Mbah rista       :  Oh berarti mbah iva mbiyen lukane tambah gedi wae?

Mbah iva         :Iyo, tapi awed anak mantu aku di masuke ke panti., aku di openi karo perawat-perawat di sini, tiap dino posisi turone diubah terus. Ben cepet garing lukane.

Mbah aini        : Iyo mbah,  makane  mbah’ hutama yen diopeni perawat-perawat kudu iso miturut, ben cepat mantun.

Mbah’hutam    :Iyo..

Percakapan pun berlangsung seru. Dan Mbah Hut merasa memiliki keluarga baru di panti.

STAGE 7

Keesokan harinya.

Perawat 3        : “selamat pagi mbah. Sehat nggih mbah?

Mbah’ hutama : (menggeleng) gegere loro.

Perawat 3        : “kados niku mbah? Nah..kulo mriki badhe ngalakuaken perawatan kangge lukanipun mbah hut…..mbah hut purun nggih?

Mbah’ hutama : (mengangguk)

Perawat 3        : “ngenten mbah..mangke 30 menit kulo kalih rencang kulo badhe ngresiki lukanipun…Kalih mangke dipijit sekedik kedik mbah wonten gegeripun. Posisinipun mbah hut mangke dimiringaken.

Mbah’ hutama: “Loro ora?

Perawat 3        : “sekedik perih mbah. Tapi..mbah tenang mawon, mangke menawi sampun bubar diresiki, raosipun dados kepenak mbah.

Mbah hutama : “Yo..Tapi..sek sek sek…aku kebelet pipis ki nduk..cepet cepet selak metu nduk”

Perawat 3        : Iya sebentar mbah..saya ambil pispot..ditahan rumiyin..

Belum sempat Perawat mengambil pispot. Mbah R sudah telanjur mengompol. Untungnya, di bed Mbah R dipasangi perlak.

Mbah’ hutama : Yaaaaaaaaaaaaaaaaah…wes metu nduk..

Perawat 3        : Nggih mboten nopo2..kulo resiki rumiyin mbah..amit nggih mbah..kulo badhe ngerisiki bekas pipis nipun.

Mbah’ hutama: Iyo

Perawat 3 pun mulai membuka celana mbah Hutama dan membersihkan genital Mbah Hutama dengan menggunakan air hangat tanpa menggunakan sabun. Lalu dilap sampai kering. Perawat 2 datang dengan membawa alat tenun. Setelah itu, perawat 1 dan 2 mulai menarik perlak dan stik laken karena basah. Perawat memberi mbah Hutama kain baru yang bersih dan mulai melepas seprei serta menggantinya dengan yang baru. Hal ini menghindari kulit mbah Hutama menjadi lembab sehingga tidak menjadikan kondisi mbah Hutama semakin parah.

Lalu setelah itu, Perawat pun mulai melakukan perawatan dekubitus pada mbah Hutama.

Perawat 3        :”mbah kita mulai ya mbah…..(perawatpun memiringkan posisi mbah Hutama untuk memudahkan dalam perawatan)

Mbah’ hutama : “ Aduh (mengerang kesakitan)

Perawat 3        : “ sabar ya mbah…..ditahan dulu sebentar….”

Perawat pun mulai membersihkan luka dekubitus Mbah Hutama dmenggunakan kassa yang dicelup pada NaCl dengan sekali usap.

5 menit kemudian. Perawat selesai membersihkan.

Perawat 3        : Ini kulo oleskan salep mbah. Supados enggal mari..

Mbah’ hutama: iya..ndanggo nduk..

Setelah itu, perawat memgoleskan salep antibiotic topical untuk merangsang granulasi dengan menggunakan tangan kanan yang tetap dijaga steril. 5 menit kemudian.

Perawat           : Ini sekalian saya pijat sedikit ya mbah..

Mbah’ hutama: Iyo nduk.

Perawat memijat dengan menggunakan lotion di daerah sekitar luka untuk menjaga sirkulasi darah. 5 menit kemudian.

Perawat           : Sampun mbah. Mbah posisinipun kados niki mawon nggih..Mangke 2 jam malih..kulo mriki nggantos posisinipun malih.

Mbah’ hutama: Iyo nduk.

Perawat pun mengubah posisi Mbah Hutama dari lateral menjadi sims kiri. 2 jam kemudian..perawat mengubah posisi Mbah Hutama dengan posisi yang lain, seperti sims kanan atau pronasi.

Setelah dilakukan tindakan keperawatan, selama 10×24 jam..luka dekubitus mbah Hutama mulai mengering,telah menutup semua. Dan tidak ada tanda-tanda kemunculan dekubitus kembali. sekian.

Jadi 8 halaman ni🙂. Kuedit sebisa mungkin. Mav bila menghilangkan bagian2 yang sudah dibuat dengan susah payah.

Selamat menghapalkan teman..

Jangan lupa properti dibawa  sesuai kebutuhan peran masing2🙂

 


Comments on: "naskah" (4)

  1. riezal noer said:

    makasih kawan…….

  2. keren.., asyik ceritax…

  3. Like it (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: